Baca Juga Berita Lainnya

Wisata nan Elok di Malalak

Wisata nan Elok di Malalak 

Kecamatan Malalak yang berada dibawah kaki gunung Singgalang dan gunung Tan­dikek mempunyai beberapa potensi yang bisa dikem­bangkan, salah satunya poten­si wisata air terjun Burai Burai.

Namun sangat disa­yang­kan tidak banyak yang tau tentang keberadaan air terjun Burai Burai ini  yang berpo­tensi untuk dijadikan objek wisata di kabupaten Agam. Sehingga  air terjun si Burai Burai tidak  terkelola sebagai­mana objek wisata lainnya.

Camat Malalak Hendra Putra S.STp kepada Haluan menyebutkan, di nagari Mala­lak terdapat 4 air terjun Burai Burai yang berpo­tensi dijadi­kan tempat objek wisata, masing masing Burai Burai langkuik Barangin, Burai Burai Batingkek, Burai Burai Saskand, Burai Burai Batu Selayang dan Burai Burai Singkek.

Air terjun tersebut tidak saja memancarkan keindahan, tapi juga memiliki panorama alam yang masih alami kare­na keberadaannya terletak didalam rimba yang dikelilingi perbukitan nan mempesona. Sehingga kawasan potensi wisata ini belum mendapat sentuhan dari pihak peme­rintah maupun swasta untuk mengelolanya.

“kawasan Burai Burai ini sangat cocok sekali untuk dijadikan potensi wisata terutama untuk kegiatan camping ground dan arus jeram. Untuk menemuh kelo­kasi masyarakat harus berja­lan kaki sekitar 30 Menit karena letaknya didalam rimba” ungkap Hendra.

Hal yang sama juga diu­capkan Sekretaris Nagari Malalak Barat Jaharuddin ST Sutan Malikiwi, dia menje­laskan dimana di masa kepe­mim­pinan Aristo Munandar selaku Bupati Agam, air terjun Burai Burai ini pernah dilirik investor dari pusat untuk dijadikan sumber energy pembangkit listrik..

Saaat itu Burai Burai disurvei langsung oleh PT Malalak Energi yang meru­pakan anak perusahaan dari PT Bukaka Pusat untuk dija­di­kan pembangkit listrik yang diperkirakan dapat dialiri untuk wilayah Kabuaten Agam. Namun sangat disa­yangkan pada waktu itu terkendala dengan ganti rugi lahan antara masyarakat dengan investor, sehingga tidak ada kesepakatan yang dicapai pada waktu itu.

“ Untuk ke depannya kita mengharapkan sen­tuhan dari pemerintah dan investor agar potensi Burai Burai ini dapat dikelola dan dikembangkan sehingga menjadi petensi wisata yang dapat dihan­dalkan karna air terjun Burai Burai ini dila­tarbelakangi dengan panora­ma alam yang asri serta airnya mengalir bersih dan bening, sehingga menjadi daya tarik tersendiri terha­dap keindahan yang disuguhkan air terjun ini,” harap Malikiwi. (h/gatot)

@http://www.harianhaluan.com/index.php/lancong/25718-wisata-nan-elok-di-malalak






0 Response to "Wisata nan Elok di Malalak "

Post a Comment

Berita Top One 1 Hanya Membutuhkan Komentar Yang Berkulitas Tidak Spam

Baca Juga Artikel Lainnya